batik-tangsel_20171128_161454

Ian Adrian Pamerkan Koleksi Batik Tangsel Hasil Eksplorasi Setahun Terakhir

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN – Seperti halnya daerah lain yang memiliki keragaman dan keindahan kain batik, Kota Tangerang Selatan juga memiliki batik khasnya.
Perlahan namun pasti batik Tangsel berkembang dan memiliki ciri khas dengan gaya etnik dan terinspirasi dari sejarah serta peninggalan kolonial.
Adalah Ian Adrian, perancang nasional yang sudah setahun ini mengesplorasi batik Tangsel.

Ian, tercatat sebagai salah satu perancang Nasional yang banyak mengeksplorasi dan mengembangkan kain lokal dari berbagai daerah hingga menjadi terkenal antara lain kain Sasirangan dari Kalimantan yang dieksplorasi melalui acara peragaan busana di pasar Apung, Banjarmasin hingga membuat kain Sasirangan makin dikenal luas oleh masyarakat.
Kemudian Ian Adrian juga pernah mengesplorasi dan mengembangkan batik-batik Jawa batik Papua.
Melalui sentuhan tangan emas Ian Adrian yang belakangan banyak menghabiskan waktu blusukan ke kota Tangsel mengesplorasi batik kota ini.

“Saya sedang mendapat amanat dan kepercayaan dari Pemerintah Kotamadya Tangeran Selatan (Tangsel) untuk mengeksplorasi batiknya,” kata Ian Adrian belum lama ini

Sebagai insan fashion, Ian  Adrian mengaku sangat berbahagia apabila ada pengembangan tekstil diseluruh Nusantara, baik berupa tenun, jumputan dan batik.

Kemudian Ian Adrian menerangkan dengan prestasi membanggakan Indonesia di dunia internasional, yaitu dengan sudah diakuinya batik oleh UNESCO  sejak tahun 2009, hal ini menandakan batik bukan hanya milik satu daerah, tetapi sudah  merupakan identitas bangsa.

“Maka diharapkan batik diseluruh Nusantara bermunculan dengan motif dan ciri daerah masing-masing-masing. Dan kebahagiaan saya adalah dipercaya mengeksplorasi Batik Tangsel yang sekarang sedang saya eksplor,” urainya.

Untuk tehnik pengerjaan Batik Tangsel ini, Ian Adrian mengakui tehnik pengerjaannya sama seperti daerah lain yaitu sebagai tehnik dasar utamnya tetap menggunakan canting, malam dan cap.
Adapun untuk pengerjaan Batik Tangsel ini, Ian Adrian berterus terang mendapat dukungan dan peran Pemeritah Kotamadaya (Pemkot) Tangsel. Melalui Walikota Tangsel, Airin Racmi Diany S.H. beserta jajaranya dan juga masyarakat Tangsel.